top of page

Saat Tanggal Tua Datang (Bagaimana Menyikapinya).

Diperbarui: 30 Nov 2019



Ada seorang teman jika sudah melewati sekitar tgl 10 ini selalu bilang mau tanggal tua. Jika sudah sampai tanggal 25 curhatannya berubah menjadi tanggal tua sudah tiba.

Saya bilang. Kenapa kamu selalu begitu setiap bulan padahal gaji dia sudah diatas dari UMR? Dia hanya jawab kebutuhan hidup yang terus meningkat.

Kenapa tidak kamu kontrol pengeluaran mu? dia jawab sudah di kontrol tapi selalu saja ada hal yang diluar rencana. Seperti pergi dinas luar kota walaupun dapat akomodasi dari kantor tapi tetap akan ada pengeluaran pribadi yang meningkat.


Berikut beberapa tips buat kamu agar bisa mengendalikan dari yang namanya "Tanggal Tua":


1. Lakukan pencatatan rutin pengeluaran Anda.

Mencatat pengeluaran secara rutin dari yang kecil hingga besar, akan membuat anda mudah mengevaluasi pengeluaran untuk bulan berikutnya. Sehingga setiap bulan anda bisa melihat mana yang bisa dikelola lebih baik lagi.


2. Prioritaskan pengeluaran yang super penting.

Urutan pengeluaran yang super penting yang harus dibayar. Seperti biaya untuk kebutuhan sehari-hari, biaya sekolah, menabung untuk masa depan, dan cicilan yang telah anda buat. Hindari membeli sesuatu yang tidak perlu dan tidak terencana di awal-awal menerima gajihan.


3. Kelola keuangan anda dengan penuh komitmen.

Berkomitmen untuk mengelola keuangan anda secara displin dan terperinci. Anda sudah berkeinginan untuk membuat diri anda menjadi lebih baik, maka lakukanlah yang terbaik untuk diri Anda.


4. Kontrol pengeluaran yang bisa dikelola.

Pengeluaran yang bisa dikontrol kelolalah dengan benar, seperti tagihan pulsa, makan diluar, biaya bermain dan lain sebagainya. Hal-hal ini pasti bisa Anda kontrol, karena hanya Anda yang memegang kendali terhadap isi dompet Anda.


5. Hargai diri Anda.

Lakukan selebrasi sesuai dengan pencapaian yang Anda dapatkan secara tidak berlebihan. Berfoya-foya boleh ketika Anda sudah bisa memastikan sisa uang gajihan sudah cukup membayar semua kewajiban dan cukup untuk menopang kebutuhan hidup Anda sampai bertemu tanggal gajihan bulan yang akan datang.


Selain itu ada perihal pengeluaran yang tidak bisa kita kontrol seperti faktor invisible hand dan sesuatu yang mendesak, menimpa tiba-tiba datang tidak terduga. Permasalahannya adalah baik jumlah pengeluaran dan kapan serta durasi waktunya benar-benar tidak bisa kita kontrol. Kononnya menurut orang yang pernah mengalami, hal ini bisa membuat Anda mengalami "Tanggal Tua" selama bertahun-tahun. Tentu saja akan membuat gajihan Anda hanya numpang lewat terus-menerus.


Apakah kondisi Anda sekarang memiliki ciri-ciri seperti itu? Ketahui segera! Saya sebagai seorang Financial Advisor, yang bisa Anda ajak bicara untuk hal tersebut kapan saja untuk menemukan solusi yang tepat agar Anda terhindar dari risiko diatas.


Temukan saya di sosial media

Instagram : @nikofendi ( https://www.instagram.com/nikofendi/ )

Facebook : @nikofendifp ( https://www.facebook.com/nikofendifp/ )

43 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page